Serunya Menjelajah Negeri China Bagi Ade Nurfadhilah - AVO Innovation & Technology

December 17, 2018

Serunya Menjelajah Negeri China Bagi Ade Nurfadhilah - AVO Innovation & Technology

Traveling merupakan salah satu kegiatan yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan pikiran. PT AVO Innovation Technology memberikan kesempatan untuk orang yang terlibat di dalamnya untuk berkunjung ke negara lain. Komitmen yang dipegang AVO adalah program one man one country. Kali ini Ade Nurfadhilah Khumairoh, Accounting & Finance Executive AVO, mendapat kesempatan untuk mengunjungi Guangzhou, China.

Selain Guangzhou, Ade juga menyempatkan untuk mengunjungi kota Beijing. Bagi Ade, perjalanan kali ini merupakan pengalaman pertamanya ke luar negeri. Ade juga beranggapan bahwa pengalamannya kali ini merupakan kesempatan berharga untuk menambah ilmu dan wawasan baru tentang pengetahuan, budaya, dan geografis negara lain.

Ade bercerita awalnya dia beranggapan di China orang-orangnya akan lebih individualis, tapi ternyata dia salah karena dia mendapat banyak bantuan dari orang di sana. Kesulitan memahami bahasa di sana dan alat komunikasi yang dibatasi menjadi kendala utama berada di China. Semua aplikasi dari Google dilarang oleh China dan hal ini sedikit menyulitkan untuk mencari jalan, berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat di Indonesia, serta memahami bahasa di sana. Namun, banyak orang yang menolong bahkan Ade juga mendapatkan teman-teman baru di China.

Banyak pelajaran baru yang didapatkan selama perjalanannya ke Guangzhou dan Beijing. Ade yang awalnya beranggapan orang di sana tidak sebaik Indonesia itu salah, karena banyak orang yang membantu dia selama berada di sana. Meskipun berbeda suku, agama, dan ras, mereka tetap baik dan membantu Ade selama tinggal di sana. Selain itu, sistem transportasi di sana juga sangat baik dan nyaman. Bahkan perilaku orang di China juga menjadi inspirasi untuk selalu bekerja dengan cepat dan efisien. Hal ini yang membuat Ade menjadi lebih menghargai waktu.

Ade bercerita dia mampu menangani berbagai kendala yang dihadapi. Terpaksa beradaptasi dan berpikir dengan cepat, Ade menggunakan aplikasi khusus di China. Ade bercerita,” Di sana bahasanya memang susah apalagi jarang ada orang yang bisa bahasa inggris. Alhasil aku harus menggunakan WeChat untuk berkomunikasi dengan orang lain karena ada fitur translation otomatisnya.”

Perjalanannya mengunjungi negara China kali ini menjadi pengalaman berharga dan tak terlupakan bagi Ade. Bahkan, dia ingin pergi ke luar negeri lagi! Padahal semula dia sangat takut dan khawatir akan sangat kesulitan berada di negeri orang.