RUBI CLASS : Gratitude Journal Workshop

February 14, 2020

RUBI CLASS : Gratitude Journal Workshop

Rubi Class hadir kembali di tahun 2020 ini. Sedikit berbeda dengan konsep tahun sebelumnya, kali ini RUBI Community mengajak semua yang hadir untuk lebih menghargai diri sendiri dan bersyukur.

Pada tanggal 26 Januari 2020, RUBI Community mengadakan kelas pertamanya di Kalluna Cafe, Yogyakarta. Dengan tema Gratitude Journal Workshop bersama dengan Cees Journal sebagai pembawa acara. Salah satu cara bersyukur atas segala pencapaian diri sendiri dengan membuat gratitude journa. Nah, berikut ini cara membuat gratitude journal-mu sendiri!

Cari Waktu Luang

Terkadang kamu bingung kapan waktu yang tepat untuk menulis karena selalu saja ada hal yang harus dilakukan. Nah, kamu harus mencari waktu yang benar-benar sesuai. Kamu perlu mencari waktu luang yang bisa merenung sendirian dan jauh dari gangguan. Kamu perlu menyesuaikannya dengan jadwal harianmu, karena bisa saja waktu terbaikmu adalah di pagi hari atau malam hari. Namun, waktu yang paling baik untuk memulai adalah sekarang juga.

Atur Suasana

Kamu perlu mengatur suasana sesempurna mungkin untuk menjernihkan pikiran dan mengenali emosi/perasaan dengan lebih jelas. Contohnya, memutar musik, menyalakan lilin, atau dengan berenda. Selain itu, kamu bisa coba mengunjungi kafe favorit untuk mendapatkan suasana yang dibutuhkan.

Syukuri Segala Hal dari Hal Terkecil

Ketika kamu bertanya "Apa sih yang harus aku syukuri?" jangan membatasi diri dengan hal besar saja. Contoh hal sederhana yang bisa kamu syukuri: rekan kantor yang menolongmu hari ini, makanan yang sangat enak, atau kamu mendapatkan begitu banyak informasi dengan mudah melalui internet. Semua hal baik pantas mendapatkan tempat di jurnal milikmu. Setiap hal kecil yang kamu syukuri ini dapat membantu untuk mendapat pencerahan, yakni kamu sangat diberkati.

Jadikan Sebagai Kebiasaan

Untuk beberapa orang, pengulangan menjadi satu-satunya jalan untuk membentuk kebiasaan. Selain itu, untuk beberapa orang, pengulangan ini dapat membuat kewalahan dan menyerah. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena gratitude journal tidak akan berguna jika kamu menulis tanpa arah. Kamu harus membiasakan diri untuk mengungkapkan rasa syukur itu sendiri. Maka dari itu, kamu tidak perlu berambisi untuk menulis setiap hari, sebaiknya kamu melakukannya dengan ritme yang nyaman untukmu.

Kamu juga bisa menjadikan kegiatan menulis gratitude journal sebagai kebiasaan dengan menulisnya di waktu yang sama setiap hari atau setiap minggu. Pasanglah alarm sebagai pengingat, kamu bisa menyalakan automatic push notification di handphonemu. Dengan ini, kamu tidak akan lupa untuk mengucap syukur di dalam journalmu.

Jadilah Kreatif

Terkadang journaling membuat pikiran merasa jenuh oleh rutinitas. Nah, kamu bisa mencegah dan mengatasi rasa jenuh ini dengan kreativitas. Kamu bisa menggambar daripada menulis hal yang kamu syukuri di jurnalmu. Selain itu, kamu juga bisa membuat kolase.

Untuk lebih serunya, kamu bisa mencoba untuk memberitahu langsung orang yang kamu syukuri. Kamu bisa memberitahu secara langsung rasa terimakasihmu kepada orang lain. Kalau kamu merasa malu, kamu bisa meninggalkan catatan kecil untuk mereka.

Seperti itu cara membuat gratitude journal, Sahabat AVO! Kamu bisa mulai mempraktekannya sekarang juga ya. Jangan pernah lupa untuk bersyukur setiap harinya, ya!