RUBI Class : 5 Dasar Public Speaking yang Harus Kalian Tahu

September 2, 2019

RUBI Class : 5 Dasar Public Speaking yang Harus Kalian Tahu

Public speaking merupakan tema yang diangkat sebagai kelas penutup untuk RUBI Community batch 2018 ini. Selain itu, public speaking ini penting untuk mengetahui cara berbicara atau berkomunikasi yang baik di depan umum. Terlebih lagi, public speaking juga membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Nah, kali ini Annisa Amalia Ramadhani, S.H., sebagai salah satu alumni dari John Robert Powers dan juga sebagai Human Capital Officer di PT AVO Innovation Technology, bercerita tentang perjalanannya menggeluti dunia public speaking serta membagikan ilmu dan wawasannya pada RUBI Class kali ini. Yuk simak penyampaian dasar mengenai public speaking berikut.

Annisa Amalia Ramadhani sebagai pemateri mengenai Public Speaking pada kelas RUBI

 

Mengatasi Gugup Saat Berbicara

Biasanya gugup disebabkan oleh dua hal seperti tidak biasa dan tidak menguasai materi. Nah, agar terbiasa berbicara di depan umum, kamu harus perbanyak latihan. Penguasaan materi juga sangat penting, kamu bisa lakukan dengan banyak membaca data yang diperlukan. Kalau kamu gugup karena tamu yang hadir adalah orang tertentu, kamu bisa mengatasinya dengan menarik napas dalam-dalam dan yakinkan diri bahwa kamu siap tampil.

Teknik Vokal untuk Public Speaking

Teknik vokal terpenting adalah intonasi yang benar, stressing pada kata atau kalimat tertentu, pelan saat permulaan dan akhir, mainkan kecepatan berbicara agar tidak monoton, perhatikan artikulasi dan pelafalan kata yang benar. Kamu harus menggunakan suara asli dan tidak dibuat-buat apalagi sampai meniru suara orang lain. Kamu bisa menggunakan suara perut atau diafragma untuk mendapatkan suara yang baik.

RUBI member mempraktekan cara membaca dengan intonasi yang tepat

 

Teknik Membuka Public Speaking

Ada banyak cara membuka pidato atau pembicaraan, tetapi yang paling mudah dan disukai adalah membuka dengan cerita lalu mengemukakan inti materi yang akan disampaikan. Nah, dengan melakukan hal ini para pendengar tentu akan mendengarkan dari awal.

Persiapan Sebelum Tampil

Semua orang tentu harus melakukan persiapan sebelum berbicara di depan umum. Tidak hanya materi pembicaraan yang harus dipersiapkan, kamu perlu mempersiapkan busana, kondisi fisik, dan latihan.

Teknik Menutup Public Speaking

Kalau kamu akan mengakhiri pidato atau pembicaraan, lebih baik memberi sinyal bahwa kamu akan segera mengakhirinya. Kamu bisa mengatakan "Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada yang tidak berkenan". Kamu tidak perlu bertele-tele sehingga membuatnya menjadi lebih lama.

Beberapa teknik yang dijelaskan oleh Annisa ini sangat bermanfaat bukan? Apalagi untuk kalian yang ingin menggeluti bidang public speaking. Semoga beberapa hal yang disampaikan tersebut dapat berguna untuk kita semua ya. Sampe ketemu lagi di kelas RUBI sela jutnya ya Sahabat AVO.