Peran Customer Service dalam Memuaskan Pelanggan Menurut Bella dan Fina

February 12, 2019

Peran Customer Service dalam Memuaskan Pelanggan Menurut Bella dan Fina

Customer Service (CS) adalah salah satu ujung tombak terpenting bagi perusahaan dalam membangun kepuasan pelanggan. Melalui tangan CS, perusahaan dapat memberikan persepsi yang positif kepada pelanggan. Kali ini Bella dan Fina sebagai CS di AVO akan menceritakan pengalamannya selama bekerja.

Bagaimana pendapatmu mengenai Customer Service?

CS membantu perusahaan untuk mempertahankan pelanggan mereka. Pilihan yang banyak tersedia membuat pelanggan mudah berpindah ke perusahaan lain. Peran CS sangat strategis dalam menanggulangi migrasi pelanggan.

Beberapa perusahaan memang tidak terlalu bergantung pada CS, tetapi perusahaan kecantikan yang berbasis online ini tentu sangat bergantung pada CS. Interaksi CS dengan pelanggan memiliki frekuensi dan intensitas yang tinggi, hal ini membuat risiko ketidakpuasan menjadi semakin besar.

Sebagai customer service, bagaimana menghadapi pertanyaan dan keluhan customer?

Kami sebagai CS harus selalu ramah, sabar dan tidak terbawa emosi pada semua chat dari customer. Karena CS membantu perusahaan dalam membentuk image yang baik di mata pelanggan. Jadi, kamu harus mencerminkan nilai-nilai yang ingin ditampilkan oleh perusahaan.

Apa saja kendala yang dihadapi? Bagaimana cara kalian mengatasinya?

Kendala yang selama ini dihadapi banyak customer yang bertanya masalah-masalah kulit seperti berkonsultasi dengan dokter kulit. Agar kami bisa menjawab dengan baik, kami memperbanyak ilmu mengenai masalah kulit yang biasa dialami. Dengan banyak membaca artikel atau journal di internet, hal ini membantu kami dalam menjawab pertanyaan.

Selain itu, terkadang ada beberapa customer yang berkata kasar jika keinginannya tidak terpenuhi atau pesanannya lama sampai. Kalau ada customer yang seperti itu, kami tentu tidak boleh membalas dengan kasar juga. Kami harus tetap sabar dan menjawab dengan ramah.

Mood kalian pasti tidak selalu stabil kan. Lalu, bagaimana cara kalian mengatasi mood swing ini saat bekerja?

Iya, tentu saja. Terkadang kami merasa lelah, jenuh, dan kesal. Aku (Bella) mengatasi mood swing ini dengan jalan-jalan keluar, biasanya sih aku suka melihat sawah karena membuat pikiranku menjadi lebih tenang dan santai. Kalau aku (Fina) suka makan, apalagi di kantor banyak makanan yang tersedia kan. Dengan makan pikiranku menjadi lebih relaks dan tidak lelah lagi.

Cerita dari Bella dan Fina sebagai CS ternyata sangat menarik bukan? Bekerja untuk menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan ternyata bukan hal yang sepele dan bisa dianggap remeh. Butuh kesabaran serta pengetahuan mengenai dunia kecantikan untuk dapat memberikan jawaban yang tepat. Hal ini terbukti oleh kemampuan yang dimiliki oleh Bella dan Fina sebagai garda terdepan dalam perusahaan ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Sahabat AVO.