Pengalaman Sakti Ika Bekerja di Jogja, Kota Pelajar yang Penuh Ramah Tamah

January 13, 2020

Pengalaman Sakti Ika Bekerja di Jogja, Kota Pelajar yang Penuh Ramah Tamah

Kebanyakan orang merasa bekerja di Ibu Kota, Jakarta adalah hal yang seharusnya dilakukan. Ibu kota yang dikenal dengan banyak lowongan kerja dan gaji yang lebih tinggi, membuat kota itu dianggap tempat yang tepat untuk berkari. Namun, Yogyakarta juga bisa menjadi salah satu kota untukmu bekerja dengan nyaman.

Kali ini, Sakti Ika sebagai Sales Executive berbagi pengalamannya bekerja di Yogyakarta. Sakti Ika yang dikenal dengan panggilannya Sakti memang berasal dari Jakarta dan dia sudah lama bekerja di Jakarta. Namun, semakin lama dia mulai jenuh dengan keadaan Jakarta. Yuk, simak cerita selengkapnya dari Sakti Ika di bawah ini.

Sudah berapa lama tinggal di Jogja?
Sebenarnya aku sudah lama sering datang ke Jogja tetapi hanya traveling atau main saja ke kota ini. Karena aku suka banget nih sama kota Jogja, aku jadi kepikiran wah asik juga nih kalau bisa kerja di Jogja. Akhirnya aku di sini deh sekarang sudah hampir 1 tahun.

Kenapa memutuskan untuk pindah ke Jogja? Padahal banyak orang yang memilih pindah ke Jakarta untuk bekerja?

Seperti yang aku ceritakan sebelumnya, aku sudah sering datang ke jogja. Karena aku nyaman dengan suasana, lingkungan, hingga orangnya, aku memutuskan untuk pindah ke Jogja. Aku juga sudah jenuh dengan kehidupan di Jakarta dan ingin lingkungan yang lebih nyaman untukku.

Apa yang paling disukai dari Kota Jogja?
Aku paling suka dengan orang-orang di Jogja ya. Di sini orangnya sangat ramah bahkan sama orang yang tidak dikenal sekalipun. Tempat wisata di area Jogja banyak banget dan dekat dari kota. Jadi, tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan hiburan di sini.

Perbedaan apa yang paling mencolok dari Jakarta dan Jogja?

Hal yang paling mencolok adalah warganya sih. Orang Jogja dan Jakarta sangat berbeda. Kalau di Jakarta biasanya lebih individualis hanya berbicara saat perlu saja berbeda dengan Jogja yang selalu menyapa meskipun tidak ada kepentingan. Jadi, Jogja ini kesannya orang lebih hangat.

Selain itu, work life balance di Jogja masih terjaga berbeda dengan Jakarta. Kalau di Jakarta hampir semua orang lembur bahkan jam 10 malam baru pulang, sedangkan Jogja jam 7 sudah berada di rumah. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya toko di Jogja yang tutup saat sudah malam, bahkan hari Sabtu Minggu juga tidak buka. Jadi, Jogja masih kental banget nih kekeluargaannya, mereka tidak berusaha mengejar materi semata.

Hal lain yang aku sukai dari Jogja adalah banyaknya tempat wisata yang tentunya berbeda dari Jakarta. Kalau di Jakarta tempat untuk rereshing paling hanya di Mall, mentok ke Puncak atau Pulau Seribu yang cukup susah untuk dijangkau karena padatnya jalanan. Berbeda dari Jogja yang mau ke area pegunungan dan pantai sudah dekat. Bahkan, pantai saja ada banyak di Jogja yang bisa dijangkau dalam waktu 1-2jam saja.

Jadi, itu dia pengalaman Sakti Ika tentang pengalamannya bekerja di Yogyakarta. Sekarang tidak harus bekerja di Jakarta untuk meniti karir bukan? Kamu tertarik bekerja di Jogja juga tidak nih? Yuk, memulai karir di kota pelajar ini.