Pengalaman Fira (Social Media Specialist Avoskin) Berkunjung ke Hanoi, Vietnam - AVO Innovation & Technology

December 11, 2018

Pengalaman Fira (Social Media Specialist Avoskin) Berkunjung ke Hanoi, Vietnam - AVO Innovation & Technology

Salah satu program PT AVO Innovation Technology dalam menjalankan perusahaannya adalah one man one country. AVO Memberikan kesempatan untuk orang yang terlibat dalam perusahaan untuk berkunjung ke luar negeri sendirian. AVO yakin dengan traveling sendirian di negara lain akan menambah ilmu dan wawasan, selain itu setiap individu akan berkembang dengan pengalaman yang didapat dari perjalanannya di luar negeri. Kali ini Fira, Social Media Specialist Avoskin, berkesempatan mengunjungi Hanoi, Vietnam.

Pada bulan November 2018 kemarin, Fira mendapat kesempatan untuk pergi ke Hanoi, Vietnam. Dia harus pergi ke sana sendirian tanpa ditemani orang lain. Ini adalah pengalamannya pertama kali pergi ke luar negeri. Awalnya memang takut dan khawatir akan menemui banyak kesulitan, tapi Fira mampu mengatasi semua masalahnya dengan baik.

Fira mengungkapkan perjalanannya ke Hanoi itu memberi pengalaman dan ilmu baru. Berada di negara orang dengan budaya, bahasa, dan perilaku yang berbeda menuntut Fira harus beradaptasi dengan cepat. Perjalanannya ke Hanoi kali ini mempunyai peranan dalam proses pendewasaan dirinya. Fira berkata,"Perjalanan ke Hanoi kali ini aku dituntut untuk bisa mengambil keputusan secara tepat dan cepat. Hal ini yang membuat traveling kali ini sebagai sarana edukasi untuk mengembangkan diriku."

Berada di negara orang memberikan wawasan baru tentang pengetahuan. Ketika mengunjungi suatu tempat yang baru tentunya budaya, suku, geografi, dan yang lain sebagainya berbeda dengan Indonesia. Secara tidak langsung Fira mengenal budaya dan kebiasaan yang berkembang di suatu tempat yang baru dia kunjungi.

Fira mengungkapkan perjalanannya ke Hanoi kali ini mirip seperti posisi di perusahaan. Awalnya Fira bekerja sebagai customer service lalu tahun ini dia pindah posisi menjadi Social Media Specialist. Fira bercerita,”Awalnya aku memang takut akan gagal tapi ternyata aku bisa mengatasi setiap masalah yang aku hadapi. Semuanya memang harus learning by doing seperti saat aku mulai bekerja dari customer service lalu berpindah menjadi social media specialist.”

Pengalaman yang tidak terlupakan bagi Fira adalah tersesat karena tidak mengerti bahasanya dan tertinggal pesawat. Kendala bahasa memang menjadi masalah utama bagi Fira selama di Hanoi. Dia mengatasi masalah ini menggunakan bahasa isyarat dan google translate karena bisa digunakan untuk orang yang berbicara juga.