Pekerjaan yang Cocok untuk Seorang Introvert

May 14, 2019

Pekerjaan yang Cocok untuk Seorang Introvert

Sifat setiap orang pasti berbeda-beda ada yang ramai suka bergaul tetapi ada juga orang yang cenderung pendiam. Biasanya kedua jenis sifat ini disebut dengan ekstrovert dan introvert. Ekstorvert adalah sifat orang yang lebih menyukai keadaan yang ramai dan cenderung lebih suka berinteraksi dengan banyak orang. Sedangkan introvert adalah sifat orang yang lebih suka menjalankan apapun sendirian dan lebih suka berinteraksi dengan beberapa orang saja. Meskipun berbeda sifat tentunya semua orang membutuhkan pekerjaan yang cocok untuk mereka. Meskipun para introvert akan sedikit sulit berinteraksi dan bersosialisasi tetapi bukan berarti mereka tidak bisa bekerja. Nah, berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert.

Penulis

Salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah penulis. Biasanya, orang yang introvert lebih suka menuangkan pemikirannya melalui tulisan. Maka dari itu dengan menjadi content writer maka kamu tidak perlu berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa menuangkan berbagai sudut pandang dan opini di setiap tema atau tulisanmu.

Desainer Grafis

Kalau kamu penyuka seni seperti gambar, poster, atau infografik, kamu bisa menjadi seorang desainer grafis. Menjadi seorang design graphic tidak perlu terlalu banyak bertemu dengan orang lain. Kamu juga tidak perlu bekerja dalam kelompok karena fokusmu adalah laptop atau komputer yang kamu gunakan.

Programmer

Programming adalah pekerjaan yang sangat cocok untuk seorang introvert. Dengan bekerja sebagai seorang programmer, maka kamu akan disibukkan dengan berbagai hal terkait komputer dan sebagainya. Kamu juga tidak terlalu banyak berinteraksi dengan orang-orang sekitar karena kamu lebih berfokus pada komputer atau laptop.

Translator

Ketika kamu menjadi seorang translator, kamu tidak perlu banyak berbicara di depan orang. Kamu juga tidak perlu bekerja di lingkungan yang terlalu banyak orang. Menjadi translator tidak perlu berurusan dengan orang lain tetapi lebih banyak berkutat dengan buku dan lainnya. Biasanya yang menjadi translator merupakan pekerja lepas atau freelance jadi kamu bisa bekerja dimanapun.

Editor

Seorang editor biasanya hanya bekerja seorang diri karena hal yang dikerjakan adalah mengedit buku, artikel, atau tulisan. Hal ini membutuhkan ketelitian yang baik jadi tidak heran mereka lebih sering bekerja sendirian. Nah, kalau kamu suka membaca dan lebih suka bekerja sendiri, pekerjaan yang satu ini sangat cocok untukmu.

Petugas Data Entry

Tugas seorang data entry adalah memasukkan data-data ke suatu sistem atau dokumen. Menjadi seorang petugas data entry, kamu tidak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain karena memasukkan berbagai data membutuhkan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan.

Beberapa jenis pekerjaan di atas bisa menjadi refrensi karir pilihanmu, nih. Mulai sekarang tidak perlu bingung lagi mencari pekerjaan yang cocok untukmu!