ONE MAN ONE COUNTRY : Petualangan Arief Budiman di India Selama 5 Hari

November 11, 2019

ONE MAN ONE COUNTRY : Petualangan Arief Budiman di India Selama 5 Hari

Setelah petualangan sebelumnya di Taipei, kali ini Ahmad Arif Budiman mendapatkan giliran untuk berpetualang di India. Di akhir bulan Oktober 2019 kemarin, Ahmad Arif Budiman mengunjungi India sendirian tanpa ditemani orang lain. Seperti apa sih keseruannya berkeliling India?

Bagaimana perasaannya saat berkunjung ke India?

Waktu denger dapat kesempatan mengunjungi India ya kaget sih. Karena image India kan seperti itu ya “barbar” gitu. Meskipun kelihatannya sulit ya untuk traveling di India, tapi hal ini yang membuatku lebih semangat karena pasti berbeda dari negara yang lainnya. Tentunya, pasti bingung saat sampai di India karena bahasa yang berbeda dan kebanyakan tidak bisa bahasa Inggris.

Hal lucu atau menarik apa saja yang kamu temui?


Ini hal yang sangat menarik saat di India, banyak tupai berkeliaran di sana bahkan di tengah pusat kota. Padahal di Indonesia, tupai itu sangat sulit ditemui apalagi di area perkotaan. Kalau di Indonesia paling ada burung pipit, kupu-kupu, kadal, dan semacamnya.

Selain itu, hal yang paling unik menurutku saat di India adalah jasa membersihkan kotoran telinga. Hampir di setiap pinggir jalan selalu ada orang yang menggelar lapak untuk membersihkan kotoran telinga. Nah, ada juga jasa cukur rambut di pinggir jalan. Berbeda dari Indonesia ya, di India masih banyak banget jasa cukur rambut di pinggiran jalan.

Aku mendatangi Old Delhi area tertua dari Delhi ini adalah jalanan yang melegenda dan dipenuhi berbagai macam toko, padatnya penduduk, dan banyaknya keributan. Meskipun terkenal tidak aman, aku tetap memutuskan untuk mengunjungi wilayah ini karena tentunya belum lengkap berkunjung ke Delhi tanpa mampir ke tempat ini.

Kawasan India memang sangat padat dan ramai, bahkan hampir tidak mungkin untuk berjalan di sisi pinggir jalan. Toko dan penjual makanan keliling selalu memotong jalan, mobil yang parkir di sembarang tempat, bahkan bukan hal yang aneh menemui motor dan sepeda yang menaiki trotoar. Kondisi jalanan di India memang sangat gila, motor dan tuk tuk semuanya membunyikan klakson bahkan mereka juga melanggar rambu lalu lintas. Selain itu, para penjaga toko sibuk menawari kita untuk masuk ke tokonya dan mendatangi toko karpet dan sebagainya. Ya, seperti itulah India.

Hal berharga apa saja yang kamu dapatkan dari petualanganmu di India?

Banyak hal berharga yang aku dapatkan selama petualanganku kemarin sih. Hal yang terpenting adalah aku jadi lebih mengenal budaya dan keadaan negara lain selain Indonesia. Meskipun India dinilai sebagai negara yang kurang aman untuk tempat wisata, sebenarnya banyak sekali tempat wisata yang patut didatangi di negara ini. Karena keterbatasan waktu dan transportasi, aku hanya bisa mendatangi India Gate, Red Fort, Masjid Jama, dan Old Delhi. Namun, semua tempat itu sudah cukup untukku sedikit memahami dan mengerti negara luar.

Setelah petualanganku di India ini, aku menjadi lebih tertarik untuk mengunjungi negara lainnya. Mendatangi negara lain dengan budaya yang berbeda memberiku banyak insight bermanfaat. Jangan menilai sesuatu dari pendapat orang lain sebelum mendatangi atau mengetahuinya secara langsung.