Mempelajari Engineering System Bersama Aris Nurul Huda

January 26, 2019

Mempelajari Engineering System Bersama Aris Nurul Huda

AVO sebagai perusahaan yang berbasis teknologi tentunya harus memiliki engineering system yang baik. Di kesempatan kali ini, Aris Nurul Huda, Chief Information Officer AVO, berbagi pengalamannya selama membangun “engineering system” di AVO.

Mengapa Kak Aris tertarik mendalami bidang teknologi?

Saya suka teknologi dan teknologi selalu memberikan ilmu baru yang tidak ada habisnya. Sejak bersekolah di SMK saya selalu ingin membuat situs terbaik. Hal ini yang membuat saya memilih jurusan Informatika yang tentu saja berhubungan dengan jurusan saya di SMK yaitu Teknik Komputer Jaringan.

Apa yang membuat Kak Aris memilih AVO sebagai tempat mengembangkan ilmu  ini?

Dari kuliah saya sudah tertarik dengan internet marketing. Maka, AVO sebagai perusahaan yang berjualan melalui media teknologi menjadi tempat yang sempurna untuk saya mengembangkan ilmu dan berbagi ilmu untuk orang di dalamnya. Pada awal AVO berdiri, saya juga mengerjakan tugas tentang strategi internet marketing. Tentunya ilmu dan pengalaman ini bermanfaat untuk saya dan perusahaan juga.

Boleh jelaskan sistem atau struktur tim IT di AVO?

Saat ini tim IT Department mempunyai Product Manager atau PM yang menangani proses pengembangan product yang relevan dengan kebutuhan pengguna. PM dengan tim UI/UX (tim Product) membuat mock up dan prototype berupa product design workflow. Setelah itu tim Product dengan tim Software Engineer mengadakan sprint planning meeting. Dalam proses ini, seluruh tim berkumpul untuk merumuskan tugas apa saja yang akan dikerjakan dan timeline rilis dalam beberapa waktu ke depan.

Fase selanjutnya adalah fase sprint dengan durasi yang telah ditentukan oleh seluruh tim. Pada fase ini, diadakan daily meeting yang bertujuan untuk menyampaikan progres pekerjaan, dan apa yang akan dikerjakan di hari tersebut. Selain itu daily meeting bertujuan untuk me-engaged anggota tim untuk saling membantu jika ada anggota tim yang mengalami kendala, sehingga masalah teknis bisa diselesaikan dengan cepat.

Pada akhir sprint seluruh tim mengadakan sprint review untuk mendemonstrasikan apa saja yang berhasil diselesaikan dalam satu sprint sekaligus merilis fitur sesuai dengan timeline. Di akhir meeting review, masing-masing anggota tim mengutarakan pendapat terkait kinerja tim tanpa membahas sisi teknis dari pengembangan yang telah dikerjakan.

Kak Aris, pernah mengalami masalah apa saja selama ini? Kalo ada, bagaimana sih cara mengatasinya?

Sampai saat ini saya belum pernah mendapat masalah yang berarti dalam bekerja. Jika ada masalah-masalah kecil pada website selalu dapat diatasi dengan cepat dan mudah. Setiap anggota tim IT memiliki tugasnya masing-masing sehingga setiap masalah dapat mudah teratasi.

Itu tadi perbincangan secara singkat dengan Aris Nurul Huda, Chief Information Officer AVO. Dengan ketekunan dan passionnya di bidang IT, Aris dapat mengembangkan sistem yang nyaman digunakan untuk sahabat AVO.

Tertarik dengan dunia IT seperti Aris? Check our LinkedIn and join us!