Berbincang Proses Pengiriman Produk dengan Ahmad Ramadhan

February 26, 2019

Berbincang Proses Pengiriman Produk dengan Ahmad Ramadhan

AVO merupakan perusahaan yang berbasis sistem online, tak heran jika produk yang dihasilkan harus dikirim kepada konsumen karena belum memiliki toko fisik resmi. Di kesempatan kali ini, Ahmad Ramadhan selaku Chief Operating Officer (COO) PT AVO Innovation Technology akan menjelaskan proses pengiriman produk hingga sampai ke tangan konsumen.

Bagaimana sih proses pengiriman produk hingga sampai ke tangan konsumen?

Pertama, konsumen akan memesan produk dari website lalu admin akan menerima pesanannya lalu mencetak label shipping. Setelah itu label shipping akan diberikan kepada warehouse staff yang bertugas khusus untuk packing pesanan. Setelah pesanan dipacked, setiap pesanan akan dikategorikan berdasar pilihan pengirimannya. Kategori pengiriman ini terbagi dari reguler, standar, dan priority shipping. Setelah itu semua produk akan dikirim melalui jasa pengiriman atau ekspedisi yang dipilih oleh konsumen.

Masalah apa saja yang biasanya dialami saat proses pengiriman?

Masalah yang sering dialami adalah konsumen memberikan alamat yang tidak jelas dan tidak lengkap. Biasanya mereka hanya mencantumkan alamat mereka dengan rumah di depan sekolah apa atau rumah di gang apa dengan warnanya. Seringkali konsumen tidak mencantumkan nomor rumah, RT/RW, bahkan nama jalan. Kode pos yang sangat penting untuk pengiriman barang bahkan sering tidak dicantumkan. Hal ini yang terkadang membuat proses pengiriman menjadi terhambat dan lama sampai ke konsumen.

Bagaimana cara mengatasi masalah-masalah tersebut?

Mengatasi masalah yang biasa terjadi saat pengiriman bermacam-macam. Saat mendapatkan alamat yang tidak jelas dari konsumen, ekspedisi yang digunakan akan menghubungi konsumen untuk mendapatkan alamat lebih jelasnya. Jika alamat yang dituju memang sangat tidak terjangkau, biasanya paket akan dititipkan di balai desa. Kalau masalah produk yang sampai ada kesalahan, biasanya kami akan minta konsumen untuk mengirimkan produk kembali lalu kami akan menggantinya sesuai dengan pemesanan.

Sekarang jadi mengerti proses pengiriman produk sampai ke konsumen, bukan Sahabat AVO? Tidak semua kesalahan pengiriman itu ada pada pengirim. Sebagai orang yang memesan kita juga harus mencantumkan alamat lengkap dan jelas agar tidak membuat kesulitan pada pihak ekspedisi. Dengan mengetahui hal ini kita bisa belajar untuk proses pengiriman barang yang benar.