Berbagai Inovasi Teknologi yang Telah Dikembangkan oleh AVO

August 8, 2019

Berbagai Inovasi Teknologi yang Telah Dikembangkan oleh AVO

PT AVO Innovation Technology adalah perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan tetapi bergantung pada perkembangan teknologi. Di era digital seperti sekarang ini, perusahaan harus selalu membuat inovasi dan cepat beradaptasi dengan kondisi yang ada. Kali ini, Aris Nurul Huda, Chief Information Officer AVO berkesempatan menjelaskan tentang inovasi dunia digital yang sudah dilakukan oleh AVO.

Bagaimana proses pembuatan website untuk brand AVO?

Departemen Teknologi Informasi AVO tidak berdiri sendiri dalam pembuatan aplikasi, hal tersebut adalah hasil dari kolaborasi antar departemen. AVO saat ini menggunakan metode Agile dalam pengembangan aplikasinya.

Agile adalah sebuah proses yang memungkinkan pengembangan produk dapat menjadi lebih lancar dan efektif. Salah satu cara untuk menerapkan Agile adalah dengan menggunakan Scrum. Scrum adalah sebuah kerangka kerja sederhana yang digunakan untuk mengembangkan produk.

Apa sih manfaat dari berbagai product yang dikembangkan itu?

Setiap aplikasi yang dikembangkan ada 1 Product Owner yang berperan untuk meningkatkan value bisnis melalui produk IT yang diciptakan dan di-maintain oleh tim IT Development.

Selain itu peran Product Owner di AVO adalah sebagai perwakilan dari manajemen, tim internal maupun eksternal dalam menentukan visi produk. Sejatinya PO bisa disebut sebagai "mini-CEO" karena dia yang mempunyai power untuk mengambil keputusan dalam konteks produk IT AVO.

Bagaimana sih prosesnya dari tahap penentuan hingga pengerjaan?

Berawal dari perjalanan panjang roadmap tahun 2019 AVO. Terdapat 3 departemen di AVO yaitu Bisnis, Operasional, dan Teknologi Informasi. Saat itu setiap departemen memunyai perencanaan roadmap masing-masing selama setahun, dan pada evaluasi semester 1 output dari IT kurang selaras dengan kebutuhan bisnis AVO. Akhirnya manajemen dan tim melakukan evaluasi apa yang harus diperbaiki.

Langkah awal yang diambil adalah menunjuk 1 PO dari departemen bisnis untuk setiap aplikasi yang akan dikembangkan. Ya, hanya satu setiap produk. Kadang terdapat banyak role dari tim bisnis akan menjadi tidak efektif dan menimbulkan masalah baru. Setelah PO ditentukan, kolaborasi berjalan dengan me-redefining roadmap. Berangkat dari situ, kolaborasi terjadi langsung antara PO dengan IT Development.

Untuk proses pengembangan, Product Owner menyusun pekerjaan-pekerjaan (Product Backlog) dengan melibatkan tim terkait dan menentukan durasi pengembangannya. Proses berikutnya sprint planning dengan menentukan tasks apa saja yang ingin dikerjakan dan memungkinkann untuk dirilis beberapa sprint ke depan.

Setelah hasil planning sudah ditentukan, fase selanjutnya adalah pengembangan aplikasi yang dilakukan tim IT Development sesuai dengan durasi yang disepakati. Pada akhir sprint tim melakukan review bersama, dilanjutkan dengan retrospective/evaluasi sprint sebelumnya. Dari retrospective harus diambil konklusi dari sprint sebelumnya, baru setelah itu mengulangi iterasi lagi.

Dengan rumitnya proses pengembangan itu, kendala apa saja sih yang dialami?

Kendala saat ini terjadi jumlah IT Development yang hanya ideal untuk mengerjakan satu produk saja setiap sprint. Sedangkan AVO saat ini memunyai 3 brand kecantikan yaitu Avoskin, Looke, dan LACOCO yang terus bertumbuh setiap tahunnya sampai pada bulan Juli lalu masuk Forbes Indonesia dinobatkan sebagai Best Local Brand.

Bahkan, saat ini AVO sedang mengembangkan beberapa aplikasi untuk menunjang kemajuan setiap brand di AVO seperti Avoskin e-commerce, Avostore App, Looke Beauty App, LACOCO Skin Advisor. Setiap brand dari AVO tentu strateginya berbeda-beda, sehingga ada banyak produk yang dikerjakan satu waktu.

Banyaknya project yang dikerjakan oleh tim kami tentunya membutuhkan banyak orang dan waktu. Jika, kamu memiliki passion dalam dunia IT untuk mengembangkan produk dengan budaya startup yang dinamis. Jangan ragu untuk bergabung dalam tim AVO dengan visi menjadi pemimpin di industri kecantikan melalui teknologi.