5 Alasan Kenapa Sering Ditolak Setelah Wawancara Kerja

March 12, 2019

5 Alasan Kenapa Sering Ditolak Setelah Wawancara Kerja

Wawancara kerja sangat menentukan diterima atau tidaknya seseorang pada sebuah perusahaan. Maka dari itu, kamu harus memberikan performa terbaik saat diwawancara. Kesalahan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, termasuk saat melakukan wawancara kerja. Beberapa hal di bawah ini bisa membuat kamu gagal diterima di sebuah perusahaan.

1. Tidak Percaya Diri

Kamu bisa saja terlihat malu dan tidak percaya diri saat wawancara kerja. Saat menjawab terbata-bata dengan nada ragu-ragu serta suara yang kecil juga akan membuat kamu tampak lemah. Hal ini akan membuat orang yang mewawancaraimu tidak tertarik.

2. Menjawab dengan Emosional

Mungkin kamu sudah punya banyak pengalaman sebelum mendaftar kerja di perusahaan tersebut, tetapi kamu tidak boleh terlalu berlebihan dalam menyampaikan pengalamanmu. Hal ini akan membuat kamu terlihat sombong dan arogan. Selain itu, berbicara hal negatif tentung pekerjaan atau bos sebelumnya juga sangat tidak disarankan.

3. Memberi Jawaban Tidak Masuk Akal

Kalau kamu sering menyampaikan konsep yang masih awang-awang, ini akan membuat pewawancara menjadi bingung dan bosan. Sebaiknya jawab setiap pertanyaan dengan lugas, singkat serta padat. Bicaralah seperlunya dan langsung pada intinya, hindari berbicara berputar-putar dengan segala teori yang membuatmu terdengar membosankan.

4. Tidak Baik dalam Menjelaskan Perpindahan Karir

Kalau kamu menceritakan hal-hal negatif pada pekerjaan lama, hal ini juga akan membuat citra dirimu menjadi negatif. Daripada fokus pada hal negatif di masa lalu, sebaiknya kamu menceritakan kemampuanmu untuk berkontribusi di kantor yang baru. Jika ditanya keinginan atau cita-cita, sebaiknya kamu menghindari menjawab dengan cita-cita di masa kecil. Sebaiknya jawablah dengan hal yang sesuai dengan bidang yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar.

5. Kurang Siap

Persiapan untuk wawancara kerja tentunya sangat penting. Kamu perlu persiapan yang cukup untuk dapat menjawab pertanyaan dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari profil perusahaan tempat kamu diwawancara. Biasanya, perusahaan akan menanyakan sejauh mana kamu mengetahui perusahaan mereka.

Kelima alasan di atas adalah hal yang menyebabkan kamu sering ditolak setelah wawancara kerja. Setelah mengetahui hal itu, mulai sekarang Sahabat AVO harus berhenti melakukannya, ya!